cara mengatasi minder

Eko Ramaditya Adikara, blogger tunanetra yang percaya diri, tak pernah minder

Bagaimana cara mengatasi minder? Banyak orang yang merasa terganggu oleh penyakit yang satu ini. Mungkin Anda juga?

Menghilangkan rasa minder memang tidak mudah. Tidak cukup bila kita hanya mengetahui bahwa rasa minder itu sangat mengganggu. Yang paling penting adalah bagaimana cara mengatasinya.

Berikut adalah beberapa kiat mengatasi penyakit minder yang dapat Anda terapkan.

1. Lakukan Aktualisasi Diri
Banyak orang yang minder karena mereka merasa tak punya kelebihan yang bisa dibanggakan. Padahal sebenarnya setiap orang punya, bukan?

Karena itu, coba lakukan aktualisasi diri. Bila Anda hobi memotret, bergabunglah dengan komunitas fotografer. Dari situ Anda akan mendapat banyak tambahan ilmu baru seputar fotografi. Anda juga berkesempatan untuk menunjukkan hasil foto Anda kepada orang lain. Kegiatan seperti ini akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri Anda.

2. Berkaryalah!
Bandingkanlah dua orang tunanetra: Yang satu jadi pengemis, yang satunya lagi jadi blogger. Yang pengemis biasanya disepelekan orang. Tapi yang jadi blogger akan dikagumi, dihormati, sering diundang untuk mengisi pelatihan ngeblog di mana-mana, dan seterusnya.

Intinya, karya nyata kita akan menentukan bagaimana perlakuan masyarakat terhadap kita. Saat kita sudah berkarya, lalu diakui oleh publik, maka otomatis mereka akan menghargai dan menghormati kita. Walau Anda bertubuh cacat, bermuka jelek dan sebagainya, masyarakat tidak akan melihat itu. Yang mereka lihat adalah prestasi Anda, dan itulah yang mereka hargai.

Dan begitu masyarakat memberikan penghargaan yang baik untuk kita, pada saat itu rasa percaya diri kita pun akan tumbuh.

Mulailah berkarya, karena karya-karya terbaik Anda akan menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit minder!

3. Bergaul dengan orang-orang positif
Anda selama ini mungkin tinggal di tengah orang-orang yang suka merendahkan, menghina, mengejek, dan seterusnya. Apapun yang Anda lakukan selalu dicela. “Ngaca dong! Emangnya kamu bisa? Enggak mungkin kamu bisa! Kamu kan orang miskin, mana bisa sukses?”

Lingkungan seperti ini tentu bisa memperparah rasa minder Anda. Karena itu, coba cari pergaulan yang orang-orangnya selalu berpikir, bertindak dan berkata posotif. Anda bisa mengikuti organisasi atau komunitas yang baik, mengikuti pelatihan motivasi, dan seterusnya. Bila bergaul dengan orang-orang positif, rasa percaya diri kita akan meningkat secara meyakinkan.

4. Perdalam agama, dan simak ceramah para motivator
Bila memperdalam pengetahuan agama, keyakinan Anda kepada Tuhan akan meningkat. Anda akan makin yakin bahwa diri adalah ciptaanNya yang sangat luar biasa. Jadi tak ada alasan untuk minder.

Bila rajin menyimak ceramah para motivator, ruhani Anda akan terisi oleh semangat, motivasi dan rasa percaya diri. Karena itu coba rajin membaca buku-buku motivasi. Ikuti acara seperti “Mario Teguh Golden Way”. Di Twitter, follow akun para motivator dan tokoh-tokoh lainnya yang sering ngetwit tentang hal-hal yang memotivasi.

Semoga tips ini bermanfaat untuk mengatasi rasa minder Anda, ya…

Salam sukses!

Incoming search terms:

cara mengatasi minder - mengatasi minder - cara menghilangkan rasa minder - cara mengatasi rasa minder - mengatasi tidak percaya diri - cara menumbuhkan rasa percaya diri -
Muhamad khairudin says:

Posting y………hebat
Sngt bermanfa”at….

Terima kasih buat motivasinya

SUBHANALLOH,
blog tentang ini sangat memotivasi saya.

nur hidayah says:

Terimakasih atas saran anda ,,,,?